Contoh Laporan Kunjungan Industri

0 Comments


LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI
“ PT. PETROKIMIA, PT. AMERTA INDAH OTSUKA, CV. BALI ORANGE COMMUNICATIONS “


DISUSUN OLEH :
YANU PUGUH PAMUNGKAS
14240002

PROGRAM STUDI DIII  MANAJEMEN INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
2017

A.   LATAR BELAKANG
Kunjungan industri merupakan salah satu kegiatan wajib yang diadakan program studi DIII Manajemen Informatika. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa tentang cara kerja atau bagaimana bekerja secara nyata dalam sebuah industri atau didunia kerja.
Salah satu perusahan yang bergerak dibidang manufaktur yaitu
PT. Petrokimia dan merupakan perusahaan milik negara,
 salah satu produksi yang terkenal adalah pupuk. PT. Petrokimia sendiri sudah lama bergerak dibidang pembuatan pupuk yang sudah sangat terkenal dikalangan pertanian di berbagi wilayah di indonesia. Dengan melakukan penelitian unsur tanah di berbagai daerah indonesia, akhirnya dapat membatu banyak kalangan masyarakat sesuai dengan jenis tanah dengan berbagai varian pupuk yang ditawarkan oleh PT.Petrokimia.
PT. Amerta Indah Otsuka merupakan salah satu Perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur, perusahaan ini merupakan salah satu anak perusahaan dari perusaahaan otsuka di tokyo jepang. Produk yang dihasilkan berupa minuman isotonik yang dikenal dengan nama pocari sweat. Dengan strategi pemasaran yang unik, yaitu mengenalkan rasa kepada konsumen maka produk ini sangat digemari dan sangat terkenal di indonesia.
CV. Bali Orange Communication atau BOC merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa web design. Pemrograman, penyedia web hosting, dan pendaftaran domain name. Banyak cakupan pelanggan baik domestik hingga mancanegara, banyak jasa yang telah diseleseaikan oleh BOC ini.

B.   TUJUAN
Tujuan diadakan kunjungan industri agar mahasiswa manajemen informatika dapat mengetahui keadaan situasional nyata didalam dunia kerja yang sebenarnya. Sehingga menambah wawasan kita dalam bidang ilmu lain, sehingga setelah dari kunjungan, mahasiswa dapat mempersiapkan diri dan mempelajari ilmu yang diajarkan , agar saat terjun kedunia kerja tidak kewalahan.

C.   MANFAAT
Dapat mengetahui secara nyata bagaimana industri manufaktur bekerja dan berkembang sistem, bagaimana kinerja seluruh elemen sistem didalamnya, serta bagaimana suasana tempat kerja dan pekerjaan yang ada disana. Mengetahui bagaimana aturan bisnis yang diterapkan khususnya dibidang IT-nya, dan apa saja yang dibutuhkan dan harus dimiliki para pekerja di bidang IT.
Dapat mengtahui secara nyata perkembangan teknologi yang dapat mendukung pendidikan dibidang teknologi informasi dan komunikasi.



D.   WAKTU PELAKSANAAN
Kunjungan industri dilakukan pada :
Hari, tanggal               : Senin dan Rabu, 21 Mei 2017 dan 23 Mei 2017
Tempat                        : 1. PT. Petrokimia
  2. PT. Amerta Indah Otsuka
3. CV. Bali Orange Communications
Waktu                         : 14.00 – selesai.
E.   PT. PETROKIMIA
1. SEJARAH
PT Petrokimia Gresik merupakan pabrik pupuk terlengkap di Indonesia, yang pada awal berdirinya disebut Proyek Petrokimia Surabaya.
Kontrak pembangunannya ditandatangani pada tanggal 10 Agustus 1964, dan mulai berlaku pada tanggal 8 Desember 1964. Proyek ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 10 Juli 1972, yang kemudian tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi PT Petrokimia Gresik.
Perubahan status perusahaan :
 1. Perusahaan Umum (Perum)
     PP No. 55/1971
 2  Persero
     PP No. 35/1974 jo PP No. 14/1975
 3  Anggota Holding PT Pupuk Sriwidjaja (Persero)
     PP No. 28/1997
4.  Anggota Holding PT Pupuk Indonesia (Persero)
     SK Kementerian Hukum & HAM Republik Indonesia, nomor: AHU-17695.AH.01.02 Tahun 2012
PT Petrokimia Gresik menempati lahan seluas 450 hektar berlokasi di Kabupaten Gresik, Propinsi Jawa Timur.

2.     KAPASITAS PRODUKSI
Kapasitas produksi pertahun PT. Petrokimia :
Nama Pupuk
Kapasitas/Th
Tahun Beroperasi
Pupuk Urea
460.000 ton/th
1994
Pupuk Fosfat
500.000 ton/th
2009
Pupuk ZA
750.000 ton/th
1972, 1984, 1986
Pupuk NPK :
-         Phoska I
-         Phoska II & III
-         Phoska IV
-         NPK I
-         NPK II
-         NPK III & IV

450.000 ton/th
1.200.000 ton/th

600.000 ton/th
90.000 ton/th
120.000 ton/th
240.000 ton/th

2000
2005, 2009

2011
2005
2008
2009
Pupuk ZK
20.000 ton/th
2005, 2016
Pupuk Petroganik
10.000 ton/th
2005
Jumlah Kapasitas
4.440.000 ton/th


Non Pupuk
Kapasitas/Th
Tahun Beroperasi
Amoniak
445.000 ton/th
1994
Asam Sulfat
1.170.000 ton/th
1985, 2015
Asam Fosfat
400.000 ton/th
1985, 2015
Cement Retarder
440.000 ton/th
1985
Alumunium Florida
12.600 ton/th
1985
Purified Gypsum
800.000 ton/th
1985,2015

3.     Teknologi Informasi di PT. Petrokimia
Untuk Sistem Informasi yang digunakan oleh PT Petrokimia menggunakan sistem informasi yang terintegrasi, menggunakan Program Login Control, Program DCS, Program ERP, Program SAP.

F.    PT. AMERTA INDAH OTSUKA
1.      SEJARAH
Di awal berdirinya pada tahun 1997, Otsuka merupakan perusahaan afiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd Jepang yang memulai perjalanannya di Indonesia dengan nama PT.Kapal Indah Otsuka. Perusahaan ini terbentuk dari hasil investasi bersama antara Otsuka Pharmaceutical Jepang dan PT Kapal Api dengan Pocari Sweat sebagai produk pertamanya. Kemudian di tahun 1999, PT Kapal Indah Otsuka merubah namanya menjadi PT Amerta Indah Otsuka.
Semakin berkembangnya perusahaan, pada tahun 2004
PT Amerta Indah Otsuka membuka pabrik pertama yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat menyusul 6 tahun berikutnya pabrik Pocari Sweat di Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur didirikan. Dengan keberhasilannya dalam memasarkan produk, hingga kini produk yang dihasilkan telah didistribusikan di seluruh Indonesia. PT Amerta Indah Otsuka gencar melakukan pendistribusian baik secara langsung melalui kantor cabang resmi maupun distributor–distributor yang tersebar di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.
Seiring dari kemajuan perusahaan, Otsuka berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dengan mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, Sistem Keamanan Pangan ISO 22000 : 2005, dan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 : 2004.

2.      KONSEP PRODUK
Konsep yang diunggulkan adalah “Kami percaya setiap orang memiliki hak untuk hidup sehat”. Didukung dengan hasil riset dan penelitian ilmiah, PT Amerta Indah Otsuka menciptakan konsep neutraceutical product, yang merupakan paduan kata nutrisi (nutrition) dan farmasi (pharmaceutical). Produk neutraceutical diartikan sebagai produk yang memberikan manfaat kesehatan dan menjaga kualitas hidup menjadi lebih baik.
3.      IT DI PT. AMERTA INDAH OTSUKA
Teknologi yang digunakan PT. Amerta Indah Otsuka dalam produksi adalah teknologi Aseptis, yaitu dengan 2 line proses produksi dengan jumlah produksi 1 line 600 botol/menit, dengan waktu produksi 23 jam. Untuk manajemen di perusahaan menggunakan sistem yang telah terintegrasi, dengan menggunakan software ERP dan menggunakan database Oracle.








G.  CV. BALI ORANGE COMMUNICATIONS (BOC)
a.     SEJARAH
Bali Orange Communications atau disingkat BOC adalah sebuah perusahaan jasa web design dan pemrograman website, penyedia web hosting dan pendaftaran domain name berekstensi internasional dan Indonesia. BOC berdiri pada tanggal 25 Agustus 2003 dan sampai saat ini masih tetap berkarya serta melayani pelanggan dari berbagai warna bidang usaha. Website BOC bisa diakses menggunakan www.baliorange.net (whois) dan www.boc.co.id (whois). 
Basis operasional BOC adalah di Pulau Bali dengan cakupan produk dan layanan berskala Internasional. BOC melayani pelanggan tidak hanya di Bali, tetapi di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. Dengan teknologi internet, kendala geografis bisa teratasi dengan mudah. 
Tim kerja BOC mampu mengoperasionalkan program aplikasi web development seperti Adobe Dreamweaver, MS Frontpage, Adobe Photoshop, Adobe Flash, Corel Draw, dan program pendukung lainnya. Lingkungan bahasa pemrograman yang dihadapi meliputi CSS, HTML, PHP, Javascripts, AJAX, XML, dengan database MySQL. Lingkup manajerial web server meliputi penguasaan OS Linux dan Windows, network administrator, dan manajemen Cpanel dan WHM. Web server BOC berlokasi di Jakarta, Singapore dan USA, memastikan bisnis pelanggan tetap online 24 jam. 
b.     VISI MISI
1.     VISI
Menikmati hidup dalam kebersamaan dan lingkup kreativitas agar selalu menghasilkan karya positif bagi diri pribadi dan masyarakat. 
2.     MISI
a.       Menciptakan kondisi nyaman dalam berkreativitas untuk kepentingan internal perusahaan dan pelanggan.
b.      Menjadi mitra strategis pelanggan dalam memanfaatkan teknologi informasi yang bernilai tinggi.
c.       Membumikan teknologi informasi bersama masyarakat.
d.      Menjadi perusahaan penyedia domain name dan web hosting terbesar dan berkualitas di Indonesia, serta bermanfaat bagi masyarakat.


a)       
H.  SIMPULAN
Setelah melakukan kunjungan industri di tiga tempat yang memiliki latar belakang yang berbeda, kita dapat mengambil banyak ilmu dan manfaat yang sangat berguna untuk kedepannya.
Banyak hal yang kita peroleh dalam kunjungan tersebut yang tidak kita dapat di bangku perkuliahan, teknologi yang semakin canggih dan pesat memacu kita untuk terus belajar dan memahami perkembangan teknologi tersebut agar dapat bersaing secara profesional di dunia kerja.
Dengan kunjungan ke tiga tempat tersebut, dapat kita peroleh informasi yang dapat kita siapkan dari sekarang untuk kedepannya, Sebuah integrasi yang saya rasa sudah bagus untuk sebuah perusahaan manufaktur, dan perkembangan android yang sangat pesat untuk persaingan di tingkat global, yang menuntut kita untuk mempelajari segala hal yang baru, agar tidak ketinggalan zaman.



POMOHERI

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments:

Featured post

JASA PEMBUATAN WEBSITE

JASA PEMBUATAN WEBSITE "WEBSITE ANDA SIAP MELUNCUR HANYA DALAM WAKTU 48 JAM" Sebagai jasa pembuatan website profesional...