Arsitektur, Sejarah, Standarisasi dan Treand Internet

0 Comments



Arsitektur, Sejarah, Standarisasi dan Treand Internet

1     Model Arsitektur TCP/IP
Protokol TCP/IP terbentuk dari 2 komponen yaitu Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP).

A.     Internetworking
Tujuan dari TCP/IP adalah untuk membangun suatu koneksi antar jaringan (network) yang menyediakan pelayanan komunikasi antar jaringan yang memiliki bentuk fisik yang beragam.

Dari gambar diatas internet dapat digolongkan menjadi beberapa group, yaitu:
Ø  Backbone
Jaringan besar yang menghubungkan antar jaringan lainnya. Contoh : NSFNET yang merupakan jaringan backbone dunia di Amerika.
Ø  Jaringan regional
contoh: jaringan antar kampus.
Ø  Jaringan yang bersifat komersial
Adalah jaringan yang menyediakan koneksi menuju backbone kepada pelanggannya.
Ø  Jaringan lokal
contoh: jaringan dalam sebuah kampus.

Router adalah suatu perlatan jaringan yang diperlukan komputer yang terhubung dalam suatu perangkat yang dapat meneruskan suatu paket data dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain. Untuk dapat mengidentifikasikan host diperlukan sebuah alamat, disebut alamat IP (IP address). IP address terdiri dari 2 bagian, yaitu :
IP address = <nomer jaringan><nomer host>
B.      Lapisan (layer) pada Protokol TCP/IP
TCP/IP dibentuk dalam beberapa lapisan (layer) Antar, layer dapat berkomunikasi ke atas maupun ke bawah dengan suatu penghubung interface. Tiap-tiap layer memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda dan saling mendukung layer diatasnya. Pada protokol TCP/IP dibagi menjadi 4 layer, diantaranya:
·         Layer Aplikasi (Aplications)
Layer aplikasi digunakan pada program untuk berkomunikasi menggunakan TCP/IP. Contoh aplikasi antara lain Telnet dan File Transfer Protocol (FTP). Interface yang digunakan untuk saling berkomunikasi adalah nomer port dan socket.
·         Layer Transport
Layer transport memberikan fungsi pengiriman data secara end-to-end ke sisi remote. Protokol pada layer transport yang paling sering digunakan adalah Transmission Control Protocol (TCP), dimana memberikan fungsi pengiriman data secara connectionoriented, pencegahan duplikasi data, congestion control dan flow control. Protokol lainnya adalah User Datagram Protocol (UDP), dimana memberikan fungsi pengiriman connectionless, jalur yang tidak reliabel.
·         Layer Internetwork
Layer Internetwork biasa disebut juga layer internet ataunlayer network, dimana memberikan “vitual network” pada internet. Internet Protocol (IP) adalah protokol yang paling penting. IP memberikan fungsi routing pada jaringan dalam pengiriman data. Protokol lainnya antara lain : IP, ICMP, IGMP, ARP, RARP
·         Layer Network Interface
Layer network interface disebut juga layer link atau layer datalink, yang merupakan perangkat keras pada jaringan.Contoh : IEEE802.2, X.25, ATM, FDDI, dan SNA.

C.      Aplikasi TCP/IP
Layer tertinggi dalam TCP/IP adalah aplikasi. Karakter dari protokol aplikasi antara lain:
a.      Merupakan program aplikasi yang dibuat  oleh pengguna/merupakan standar dari produk TCP?/IP.Contoh: TELNET, FTP(File transfer protokol),SMTP(Simple Mail Transfer Protokol).
b.      Menggunakan mekanisme TCP/UDP.
c.       Menggunakan model interaksi client/seerver.

Model Client/Server
Server adalah aplikasi yang memberikan pelayanan kepada user internet. Client adalah yang meminta layanan. Aplikasi dapat memiliki bagian server dan client,yang dapat berjalan secara bersamaan dalam 1 sistem.
 


                                                                                                                                         
D.     Bridge, Router dan Gateway
·         Bridge
Digunakan untuk menghubungkan jaringan pada layer network interface dan meneruskan frame. Bridge juga berfungsi sebagai MAC relay.
·         Router
Digunakan untuk menghubungkan jaringan pada layer internetwork dan mengarahkan jalur paket data.Router tidak transparant terhadap IP sehingga meneruskan IP dari data.
·         Gateway
Digunakan untuk menghubungkan jaringan pada layer diatas router dan bridge. Gateway merupakan pintu keluar suatu host menuju ke jaringan diluar.

2.      Sejarah Internet
Pada tahun 60an dan 70an jaringan mulai dibangun. Yang diteliti oleh peneliti Amerika dari (DARPA) Defence Advanced Research Project Agency. Tujuan dari peneltitan tersebut adalah untuk membuat suatu protokol. Sehingga aplikasi yang berbeda dapat berjalan walaupun pada sistem yang berbeda.

Kemudian DARPA dan BBN membangun TCP/IP untuk berrkeley UNIX di university of california di Berkeley, untuk mendistribusikan kode sumber bersama dengan sistem operasi Berkeley software Devepment(BSD), pada tahun 1983. Mulai saat itu TCP/IP menjadi terkenal di seluruh univeritas dan badan penelitian dan menjadi protokol standar untuk komunikasi.

a.      APRANET
Adalah suatu badan penelititan yang dibentuk oleh DARPA, dan merupakan “grand-daddy-of packet switching”. APRANET merupakan awal dari internet yang menggunakan komunikasi 56Kbps.

b.      NFSNET
National Science Foundation (NSF) Network /NFSNET terdiri 3 bagian internetwoking di Amerika:
·         Backbone, adalah jaringan yang terdiri dari jaringan tingkat menengah dan superkomputer.
·         Jaringan tingkat menengah (mid-level) terdiri dari regional, berbasis disiplin dan  jaringan konsorium superkomputer.
·         Jaringan kampus

c.       Penggunaan Internet secara komersial
Penggunaan internet berawal dari AUP(acceptable Use Policy) tahun 1992. Interrnet service provider mulai membangun bisnis diantaranya PSINet dan UUNET, hingga CERNet membentuk commercial Internet Exchange (CIX) dan berkembang dan semakin banyak public exchange point (IXP).

d.      Internet2
Perkembangan internet disusul dengan project internet2 yang merupakan next generation Internet (NGI) , tujuan dari internet2 adalah:
·         Mendemostrasikan aplikasi baru yang dapat meningkatkan penelitian
·         Membangun advandced communication infrastructures
·         Mendukung QoS untuk penelitian dan komuniti pendidikan
·         Mengkoordiansi standarisasi
·         Mengkapitalisasi sistem partner antara pemerintah dan sektor organisasi
·         Melakukan perubahan jaringan dari internet ke internet2
·         Mempelajari efek samping dari infrastruktur yang baru pada pendidikan tinggi dan komunikasi internet.

e.      Model Referensi dai Open system Interconnection (OSI)
Open system interconnection (OSI) terdiri dari 7 layer model sesuai dengan ISO 7498 dari komunikaasi data, diantaranya :
Layer diatas memiliki fungsi masing-masing

3.      Standarisasi TCP/IP
TCP/IP semakin populer diantara developer dan pengguna sehingga perlu standarisasi. Standarisasi di kelola oleh IAB ( Internet Architecture Board).

Standarisasi menggunakan RFC. Untuk internet menggunakan RFC-2026- The Internet Standard process- revision 3, dimana didalamnya berisi tentang protokol,prosedur, dan konversi yang digunakan dari oleh internet.



a.      Request For Comment (RFC)
Internet Protocol suite masih dikembangkan dan perkembanganya menggunakan mekanisme Request For Comment (RFC). Sehingga kelak akan lahir RFC dengan seri baru untuk aplikasi atau protokol tersenut, sehingga developmer dapat menggunakan standart tersebut.

b.      Internet Standard
Proposal standard, draft standard, dan protokol standard merupakan bagian dari internet standard track.  Setelah itu maka akan muncul STD (standard Number), contoh : Domain Name System (DNS) menggunakan STD 13, dan dijelaskan pada RFC 1034 dan 1035, sehingga dapat ditulis “STD-13/RFC1034/RFC1035”.

4.      Internet Masa Depan
Memperkirakan internet untuk dimasa mendatang adalah tidak mudah, karena itu pada bagian penggunaan internet untuk masa depan.

a.      Aplikasi MultiMedia
Dense Wave Division Multiplexing ( DWDM) adalah salah satu peralatan untuk mengatur penggunaan bandwith sehingga bisa efisien.

Bandwith pada aplikasi mutimedia antara lain, Voice over Internet Protocol (VoIP) dan masih banyak lagi bahkan unutk video conference.

b.      Penggunaan untuk komersial
Penggunaan VPN ( virtual private networking) semakin banyak digunakan oleh perusahaan. VPN digunakan untuk mengamankan komunikasi yang digunakan oleh sebuah perusahaan, seperti virtual metting.

c.       Wirelles Internet
Penggunaan aplikasi tanpa kabel sangat meningkatkan mobilitas seseorang, sehingga kebutuhan internet wirelles semakin populer. Seperti : Bluetooth, WiFi IEEE802.11, Wi-MAX daan yang lainya.

5.      Kesimpulan
                                I.            Internet adalah jaringan global, terbentuk dari berbagai jaringan komputer di seluruh dunia yang saling terhubung dan dapat berkomunkasi dengan protokol tertentu (TCP/IP).
                              II.            Sejarah internet yaitu : APRANET,NFSNET, internet, dan internet2.
                            III.            Protokol TCP?/IP terbentuk dari 2 komponen yaitu Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP).

POMOHERI

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments:

Featured post

JASA PEMBUATAN WEBSITE

JASA PEMBUATAN WEBSITE "WEBSITE ANDA SIAP MELUNCUR HANYA DALAM WAKTU 48 JAM" Sebagai jasa pembuatan website profesional...