Makalah Media Transmisi Komunikasi Data (Nirkabel)

0 Comments

TUGAS
MAKALAH
JENIS MEDIA TRANSMISI KOMUNIKASI DATA
(NIRKABEL)
Dosen : Farida Nur Aini, S.T.,M.T
 







                                                                                                                                     


Disusun Oleh :
Nama: Pomo Heri Santoso
Nim: 17240001
Prodi: Manajemen Informatika




UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2017/2018

PENGERTIAN MEDIA TANPA KABEL

Media transmisi tanpa kabel merupakan komunikasi data dalam jaringan komputer yang tidak memanfaatkan kabel sebagai media transmisi, melainkan berupa gelombang elektromagnetik. Jaringan tanpa kabel ini memberikan keunggulan kepada pemakai untuk dapat mengakses setiap saat di mana pun berada. Sedangkan kekurangannya adalah kemampuan transfer data lebih kecil dibandingkan dengan jaringan kabel.
.




JENIS-JENIS MEDIA TRANSMISI NIRKABEL

1.     Gelombang Radio
adalah jaringan transmisi yang menghubungkan perangkat terminal pelanggan dengan sentral lokal menggunakan media radio. Radio dapat digunakan pada sebagian atau keseluruhan jaringan.
Fungsi-fungsi struktur jaringan  radio :


·         BTS (Base Transceiver Station) : Menjebatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan
·         BSC (Base Station Controller) : Mengontrol beberapa BTS mengenai alokasi jaringan radio
·         MSC (Mobile Switching Center) : Jantung dari jaringan GSM yang menangani BSC
·         HLR : Data base besar yang menyimpan data pelanggan
·         MS (Mobile Station) : Perangkat yang digunakan oleh pelanggan untuk melakukan pembicaraan

Kelebihan Jar
ingan gelombang radio :

·         Pembangunan jaringan lebih cepat. 
·         Mudah disesuaikan terhadap perubahan lokasi calon pelanggan. 
·         Pengembangan jaringan untuk memenuhi peningkatan demand relatif lebih mudah dan lebih cepat dilakukan. 
·         Dimungkinkan untuk melayani pelanggan didaerah yang terpencil/sulit dijangkau. 

Kekurangan Jar
ingan gelombang radio :

·         Terputusnya hubungan yang sedang berlangsung akibat propagasi tidak sempurna. 
·         Kemampuan menyalurkan voice band data/fax rendah. 
·         Harus disediakan catuan khusus untuk pesawat terminal radio pelanggan. 



Cara kerja gelombang radio
                   Gelombang radio dibawa oleh atau dipancarkan oleh gelombang pembawa, gelombang radio dipantulkan oleh lapisan udara dibagian atmosphere bumi, tepatnya pada lapisan ionosfer. Pada lapisan inilah gelombang radio dipantulkan kembali ke bumi dan ditangkap oleh menara penerima sinyal. Sehingga tidak heran jarak jangkauan gelombang radio amat jauh sekali, bahkan sampai ke luar angkasa sekalipun. Saat ini penggunaan radio secara langsung memang sudah agak berkurang karena adanya perangkat teknologi lain yang lebih canggih, namun sebenarnya secara tidak langsung teknologi komunikasi tersebut masih menggunakan teknologi gelombang radio.

2.        SATELIT



           Satelit adalah suatu Station Relay atau Repeater gelombang microwave yang diorbitkan di angkasa, berfungsi untuk menerima, memperkuat atau mengulangi sinyal radio dengan bidang frekuensi tertentu dari bumi setelah diperkuat dan diubah ke bidang frekuensi yang berbeda. Satelit memerlukan orbit Geo-stationary, tinggi 35,784 km. Selain itu ada juga yang menggunakan orbit Geosynchronus, sebagaimana yang digunakan oleh satelit Intelsat dan Palapa. (William Stallings, Data and Computer Communications 7th Edition).



 KELEBIHAN MEDIA TRANSMISI SATELIT
  • Cakupan yang luas. Bisa satu Negara, satu wilayah, satu daerah ataupun satu benua,
  • Bandwith yang tersedia cukup lebar,
  • Independen dari infrastruktur terrestrial,
  • Instalasi jaringan segmen bumi yang cepat
  • Biaya relative rendah per-site
  • Area coverage yang luas, jangkauan cakupannya yang luas baik nasional, regional maupun global, bahkan dapat mencapai setengah dari permukaan bumi.
  • VSAT bisa dipasang dimana saja selama masuk dalam jangkauan satelit.
  • Dapat Koneksi dimana saja. Tidak perlu terjadi LoS (Line of Sight) dan tidak ada masalah dengan jarak, karena garis lurus transfer data ke arah luar bumi jadi tidak terhalang oleh bangunan – bangunan/ letak geografis bumi.
  • Komunikasi dapat dilakukan baik titik ke titik maupun dari satu titik ke banyak titik secara broadcasting, multicasting.
KELEMAHAN MEDIA TRANSMISI SATELIT
  • Untuk melewatkan sinyal TCP/IP, besarnya throughput akan terbatasi karena delay propagasi satelit geostasioner. Kini berbagai teknik protokol link sudah dikembangkan sehingga dapat mengatasi problem tersebut. Diantaranya penggunaan Forward Error Correction yang menjamin kecilnya kemungkinan pengiriman ulang.
  • Dalam hal keamanan, yaitu transmisi data sangat mudah ditangkap karena berjalan melalui udara terbuka.
  • Harga relatif mahal karena harga peralatan yang mahal.
  • Memakan tempat, terutama untuk piringannya/antenanya.

CARA KERJA SATELIT

Tahapan-tahapan dalam cara kerja satelit dibagi menjadi tiga tahapan yaitu, tahap pertama satelit menerima sebuah sinyal yang kemudian pada tahap kedua satelit akan memperbesar sinyal tersebut. lalu pada tahap terakhir, sinyal tersebut dikembalikan kebumi dan diterima oleh beberapa stasiun yang ada di bumi. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Untuk menciptakan jaringan seperti ini satelit menggunakan transponders yang dapat menyalurkan pesan dua arah. Antena satelit merupakan factor penting yang dapat mempengaruhi jaringan komunikasi satelit. Sedangkan transmisinya difokuskan pada wilayahwilayah yang spesifik di bumi. Area penerimaan ini disebut juga dengan nama foot print, dan dapat bervariasi, tergantung pada aplikasi satelit.
Kapasitas informasi satelit memiliki keterbatasan dengan factor yang berbeda-beda, termasuk angka transponder dan permintaan kekuatan untuk sistem transmisi. Yakni c-band dan ku-band. Pada transmisi satelit c-band hanya menyalurkan 4/6 GHZ, sedangkan ku-band lebih banyak dioperasikan karena memiliki jangkauan 12/14 GHZ. Ku-band lebih menguntungkan dibandingkan dengan c-band yang memiliki keterbatasan dalam kekuatan untuk menghindari gangguan dengan terrestrial microwave system. Ku-band tidak memiliki keterbatasan seperti itu dan kekuatan downlinknya pun dapat ditingkatkan.

3.     MIKROGELOMBANG

Gelombang mikro atau microgelombang adalah gelombang elektromagnetik dengan frekuensi super tinggi, yaitu diatas 3 GHz. Gelombang ini tidak dapat dilihat mata kita karena panjang gelombangnya (walaupun sangat kecil dibanding gelombang radio) jauh lebih besar dari panjang gelombang cahaya (di luar spektrum sinar tampak).
              Transmisi gelombang mikro memiliki jangkauan yang pendek, sehingga jika digunakan dalam hubungan jarak jauh, diperlukan banyak stasiun repeater (pengulang). Repeater adalah perangkat elektronik yang menerima sinyal dan mentransmisikan kembali itu pada tingkat yang lebih tinggi atau kekuatan yang lebih tinggi, atau ke sisi lain dari suatu halangan, sehingga sinyal dapat menutupi jarak yang lebih jauh.

Jenis-jenis transmisi Microwave :

1)    Terrestrial Microwave
Pada teknik ini menggunakan transmitter dan receiver yang terdapat di bumi.Terrestrial microwave memiliki bandwidth antara 1-10 Mbps dan biasanya beroperasi pada frekuensi antara 4-6 Ghz dan 21-23 Ghz.
2)    Satellite Microwave
Pada teknik ini menggunakan satelit komunikasi yang berada di ruang angkasa sebagai relaynya.Tiap-tiap stasiun menggunakan antena parabola untuk berkomunikasi dengan satelit.Satelit berfungsi mentransmisikan kembali sinyal-sinyal yang dipancarkan oleh stasiun yang berbeda.Gelombang mikro ini beroperasi pada frekuensi antara 11-14 Ghz dengan bandwidth antara 1-10 Mbps.

Cara kerja microgelombang (microwave)
               Di dalam setiap microwave terdapat sebuah magnetron. Magnetron adalah sejenis tabung hampa penghasil gelombang mikro. Fungsi magnetron adalah memancarkan gelombang mikro ke dalam microwave. Pada awalnya magnetron dirancang untuk penggunaan radar. Ya, memang betul gelombang mikro yang digunakan sama dengan gelombang yang digunakan di dunia telekomunikasi seperti radar Microwave oven yang sekarang beredar dipasaran sangat banyak bentuknya. Teknologi yang digunakan juga sudah semakin beragam.
4.        INFRAMERAH





Inframerah (infra red) ialah sinar elektromagnet yang panjang gelombangnya lebih daripada cahaya nampak yaitu di antara 700 nm dan 1 mm. Sinar infra merah merupakan cahaya yang tidak tampak. Jika dilihat dengan dengan spektroskop cahaya maka radiasi cahaya infra merah akan nampak pada spectrum elektromagnet dengan panjang gelombang di atas panjang gelombang cahaya merah.

Inframerah biasa digunakan untuk komunikasi jarak dekat, dengan kecepatan 4 Mbps. Dalam penggunaannya untuk pengendalian jarak jauh, misalnya remote control pada televisi serta alat elektronik lainnya. Keuntungan inframerah adalah kebal terhadap interferensi radio dan elekromagnetik, inframerah mudah dibuat dan murah, instalasi mudah, mudah dipindah-pindah, keamanan lebih tinggi daripada gelombang radio. Kelemahan inframerah adalah jarak terbatas, tidak dapat menembus dinding, harus ada lintasan lurus dari pengirim dan penerima, tidak dapat digunakan di luar ruangan karena akan terganggu oleh cahaya matahari.
Kelebihan Infrared
1.                  Mudah dalam konfigurasinya.
2.                  Proses transfer file yang mudah, karena tidak perlu memerlukan sinyal dalan proses transmisinya.
3.                  Sangat praktis dipakai dalam transfer data yang berkapasitas kecil.

Kelemahan Infrared
1.                  Jarak transfer yang relatif dekat (tidak dapat dilakukan pada jarak yang cukup jauh).
2.                  Posisi transfer harus tegak lurus. Jika sedikit keluar dari drajat lurus maka koneksi aka hilang (putus).
3.                  Transfer data relatif lama.
4.                  Keamanan data saat proses transfer sangat kurang.
5.                  Teknologi yang tertinggal karena infrared sudah jarang digunakan.















DAFTAR PUSTAKA



POMOHERI

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments:

Featured post

JASA PEMBUATAN WEBSITE

JASA PEMBUATAN WEBSITE "WEBSITE ANDA SIAP MELUNCUR HANYA DALAM WAKTU 48 JAM" Sebagai jasa pembuatan website profesional...