0 Comments










Kabel Fiber Optik
Kabel Fiber Optik (Fusion Splicer) dan alat ukur Serat Optik (OTDR) merupakan salah satu perangkat pendukung dalam operasional pengelolaan jaringan access Serat Optik
Kabel Fiber Optik Untuk keperluan Operasional dan Maintenance (O&M) Network Element yang beroperasi menggunakan jaringan acccess Serat Optik, maka sangat penting peranan Kabel Fiber Optik dan alat ukur Serat Optik.
Kabel Fiber Optik Jaringan access Serat Optik sebagai media transport untuk layanan broadband maupun narrowband sering mengalami gangguan, yaitu Kabel Fiber Optik berupa putusnya Kabel serat optik sehingga Kabel Fiber Optik mengakibatkan terjadinya Perhubungan Putus (PERPU) pada perangkat terminal yang mensupply port maupun data. Maka Kabel Fiber Optik untuk membantu trouble shooting pada jaringan access Serat Optik dapat segera dilakukan dengan Kabel Fiber Optik sebagai penanggulangan, Kabel Fiber Optik baik berupa pencarian (searching) lokasi putusnya kabel penyambunganm kabel Serat Optik .
Alat Sambung Kabel Fiber Optik (Fusion Splicer) atau
Kabel Fiber Optik

Fusion Splicer atau
Kabel Fiber Optik
Kabel Fiber Optik dikenal dengan sebutan FUSION SPLICER yaitu Kabel Fiber Optik suatu alat yang digunakan untuk menyambung core Serat Optik yang berbasis kaca yang mengimplementasikan daya listrik yang sudah dirubah menjadi sebuah media sinar berbentuk sinar laser yang berfungsi memanasi kaca yang putus pada core sehingga terhubung kembali secara baik. Kabel Fiber Optik splicer ini harus memiliki keakuratan tinggi sehingga Kabel Fiber Optik pada saat penyambungan (splicing) bisa mendekati sempurna, karena proses terjadinya Kabel Fiber Optik pengelasan media kaca terjadi proses peleburan kaca yang menghasilkan suatu media yang tersambung dengan utuh tanpa adanya celah karena Kabel Fiber Optik memiliki karakter media yang memiliki senyawa yang sama. Kabel Fiber Optik penyambungan bisa saja tidak utuh, karena Kabel Fiber Optik tidak mengikuti prosedur penyambungan yang benar. Kabel Fiber Optik bila hal ini terjadi maka proses penyambungan harus diulangi lagi, hingga Kabel Fiber Optik mendekati redaman yg sekecil-kesilnya (dibawah 0.2 dB) Penyambungan Kabel Fiber Optik melalui pengelasan oleh Kabel Fiber Optik harus mengikuti peraturan-peraturan dan kebersihan yang ketat yang harus dipatuhi oleh seorang teknisi karena Kabel Fiber Optik bila terjadi pelanggaran-pelanggaran yang disengaja untuk memudahkan proses penyambungan maka akan mengakibatkan hasil kerja tidak sempurna karena Kabel Fiber Optik akan menghasilkan suatu nilai dari alat sambung yang menunjukkan Bit Error Rate ( BER ) yang tinggi bila dipaksakan dipergunakan akan mengakibatkan alur transmisi ke perangkat akan tidak sempurna karena memiliki resistansi.

Alat ukur Serat Optik (OTDR) atau
Kabel Fiber Optik

OTDR atau
Kabel Fiber Optik
Kabel Fiber Optik alat utama atau tools utama yang sangat dibutuhkan dalam melaksanakan trouble shooting untuk gangguan yang terjadi pada jaringan akses Serat Optik karena Kabel Fiber Optik tanpa menggunakan alat ukur Serat Optik tidak bisa melakukan apa-apa terhadap gangguan yang terjadi. Kabel Fiber Optik Alat ukur Serat Optik disebut dengan nama OTDR ( Optical Transmission Digital Reflektometer ) merupakan alat untuk mendeteksi kontinuitas suatu kabel Serat Optik dalam jarak tertentu sehingga Kabel Fiber Optik bisa menghasilkan jarak dari dua sisi yang merupakan ukuran gangguan yang terjadi sehingga trouble shooting dapat dilaksanakan dengan baik karena Kabel Fiber Optik akan dengan mudah menentukan letak lokasi gangguan yang terjadi dengan referensi jarak hasil ukur dari perangkat alat ukur OTDR.

Kabel Fiber Optik Dalam pelaksanaan Operation & Maintenance jaringan akses Serat Optik harus mutlak tersedia tools untuk menentukan dan Kabel Fiber Optik melaksanakan trouble shooting pada gangguan yang terjadi pada jaringan akses Serat Optik sehingga Kabel Fiber Optik dengan secepatnya gangguan dapat ditanggulangi dengan waktu yang tidak terlalu lama.

Kabel Fiber Optik Dan untuk tindak lanjut dalam hasil pelaksanaan trouble shooting maka harus segera disiapkan tools kedua yang merupakan implementasi dari pelaksanaan penyelesaian gangguna yang terjadi dengan menggunakan Kabel Fiber Optik yang bernama Splicer dengan accessories yang lengkap termasuk tools kit pendukung.

Langkah-Langkah
Kabel Fiber Optik adalah sebagai berikut:

1.
Kabel Fiber Optik masukkan kabel fiber optik ke tempat sambungan seperti OTB (Optical Termination Board) atau joint clousure Kabel Fiber Optik memiliki lapisan-lapisan sehingga Kabel Fiber Optik kita perlu mengupas lapisan-lapisan tersebut sehingga berbentuk seperti ini,

2.
Kabel Fiber Optik setelah selesai mengupas langkah selanjutnya adalah Kabel Fiber Optik tersebut
biasanya ujung
Kabel Fiber Optik akan dibersihkan dengan alkohol 96% dan setelah itu Kabel Fiber Optik baru siap Kabel Fiber Optik disambungkan sebelum menyambung terlebih dulu masukkan salah satu ujung Kabel Fiber Optik tersebut ke dalam Protection sleve, Kabel Fiber Optik bentuknya seperti sedotan berfungsi melindungi sambungan. Kabel Fiber Optik siapkan alat masukkan kedua ujung kabel ke alat bernama Splicer dan Kabel Fiber Optik tutup alat tersebut, Kabel Fiber Optik biarkan bekerja dan anda akan mendapatkan hasil bahwa kabel tersebut tersambung sempurna dan Kabel Fiber Optik mendapatkan hasil 0,01 - 0,05 dB di alat ukur batas normal dan setelah penyambungan selesai Kabel Fiber Optik pasang protection Slve yg telah dimasukkan tadi untuk kemudian dipanaskan di alat Splicer itu.
Bagian-bagian Fiber Optik atau
Kabel Fiber Optik :
Kabel Fiber Optik umumnya digunakan dalam sistem telekomunikasi serta dalam pencahayaan, sensor, dan optik pencitraan.
Kabel Fiber Optik atau Fiber optik terdiri dari 2 bagian, yaitu Kabel Fiber Optik cladding dan Kabel Fiber Optik core.
Kabel Fiber Optik Cladding adalah Kabel Fiber Optik selubung dari core. Kabel Fiber Optik Cladding mempunyai indeks bias lebih rendah dari pada core akan memantulkan kembali cahaya yang mengarah keluar dari core kembali kedalam core lagi. Kabel Fiber Optik Semakin murni bahan gelas tersebut maka akan semakin sedikit cahaya yang diserap oleh fiber optik.
Kabel Fiber Optik sangat halus sehingga jika tertusuk olehnya akan sampai ke pembuluh darah. Kabel Fiber Optik Hal ini tentunya akan mengganggu peradaran darah di tubuh kita. Oleh karena itu, Kabel Fiber Optik perlu berhati-hati agar jangan sampai fiber optik melukai anggota tubuh kita.

Jenis-jenis fiber optic atau
Kabel Fiber Optik :
1.
Kabel Fiber Optik Single-mode fibers Mempunyai inti yang kecil (berdiameter 0.00035 inch atau 9 micron) dan Kabel Fiber Optik berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 1300-1550 nanometer)
2.
Kabel Fiber Optik Multi-mode fibers Mempunyai inti yang lebih besar(berdiameter 0.0025 inch atau 62.5 micron) dan Kabel Fiber Optik berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah (panjang gelombang 850-1300 nanometer)

Cara Kerja Fiber Optik atau
Kabel Fiber Optik :
Kabel Fiber Optik Sinar dalam fiber optik berjalan melalui inti dengan secara memantul dari cladding, Kabel Fiber Optik dan hal ini disebut total internal reflection, karena Kabel Fiber Optik cladding sama sekali tidak menyerap sinar dari inti. Akan tetapi Kabel Fiber Optik dikarenakan ketidakmurnian kaca sinyal cahaya akan terdegradasi, ketahanan sinyal tergantung pada kemurnian kaca dan panjang gelombang sinyal.

Keuntungan Fiber Optik atau
Kabel Fiber Optik
Kabel Fiber Optik Murah :
jika dibandingkan dengan kabel tembaga dalam panjang yang sama.
Kabel Fiber Optik Lebih tipis: mempunyai diameter yang lebih kecil daripada kabel tembaga.
Kabel Fiber Optik Kapasitas lebih besar.
Kabel Fiber Optik Sinyal degradasi lebih kecil.
Kabel Fiber Optik Tidak mudah terbakar : tidak mengalirkan listrik.
Kabel Fiber Optik Fleksibel.
Kabel Fiber Optik Sinyal digital.

Pemanfaatan Fiber Optik atau
Kabel Fiber Optik
Kabel Fiber Optik Jumlah teknologi fiber optik ternyata tidak sedikit. Mulai dari teknologi kabelnya, Kabel Fiber Optik teknologi perambatan cahayanya, Kabel Fiber Optik teknologi pelindung kabelnya, Kabel Fiber Optik teknologi penembakan cahayanya, dan banyak lagi teknologi pendukung lainnya, sehingga Kabel Fiber Optik membuat pengguna bebas menentukan. Jika memerlukan teknologi fiber yang bisa memberikan bandwidth sangat besar dengan jarak tempuh yang jauh, Kabel Fiber Optik jangan sampai Anda salah memilih. Selain itu, Kabel Fiber Optik banyak lagi faktor lain yang cukup penting untuk diteliti sebelum membeli dan menggunakannya, karena Kabel Fiber Optik investasi dalam teknologi fiber optik tidaklah murah.
Di Indonesia sendiri
Kabel Fiber Optik belum banyak penyedia layanan komunikasi yang menggunakan teknologi fiber optik karena Kabel Fiber Optik melihat beberapa kendala, di antaranya infrastruktur yang sangat mahal. Jika sebagian masyarakat Indonesia sudah banyak yang memanfaatkan fiber optik, Kabel Fiber Optik tentu kecepatan pengiriman data melalui jaringan internet akan semakin cepat, Kabel Fiber Optik berkomunikasi suara (VOIP) dapat dilakukan di depan komputer dengan biaya sangat murah, dapat melakukan video conference dengan rekan bisnis baik di dalam maupun di luar negeri. Kabel Fiber Optik Jarak tidak lagi menjadi suatu hambatan yang berarti untuk berkomunikasi.


Kabel Fiber Optik (fiber optik) adalah Kabel Fiber Optik atau kabel jaringan yang dapat mentransmisi data melalui media cahaya. Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, Kabel Fiber Optik (fiber optik) ini jauh lebih mahal. Namun, Kabel Fiber Optik (fiber optik) memiliki jangkauan yang lebih jauh dari 200 meter sampai ratusan kilometer, Kabel Fiber Optik (fiber optik) juga tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik dan dapat mengirim data pada kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan jenis kabel lainnya. Kabel Fiber Optik (fiber optik) tidak membawa sinyal elektrik listrik, Kabel Fiber Optik seperti kabel lainnya yang menggunakan kabel tembaga yang relatif rawan terhadap serangan petir. Sebagai gantinya, sinyal dari Kabel Fiber Optik (fiber optik) yang mewakili bit tersebut diubah ke bentuk cahaya.
            Kabel Fiber Optik (fiber optik) terdiri dari dua jenis, yang dikenal sebagai Kabel Fiber Optik (fiber optik) single mode dan Kabel Fiber Optik (fiber optik) multi mode. Kabel Fiber Optik (fiber optik) single mode dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dan hanya mengirim satu sinyal pada satu waktu. Kabel Fiber Optik (fiber optik) multimode dapat mengirim sinyal yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada sudut refraksi yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada susut refraksi yang berbeda. Kabel Fiber Optik (fiber optik) single mode dapat menjangkau ratusan kilometer sedangkan Kabel Fiber Optik (fiber optik) multimode biasanya hanya mencapai 550 meter atau kurang.
Konektor Kabel Fiber Optik (fiber optik) terdiri beberapa jenis-jenis, yaitu konektor Kabel Fiber Optik (fiber optik) tipe ST, Kabel Fiber Optik atau konektor fiber optic (fiber optik) tipe SC, Kabel Fiber Optik atau konektor fiber optic (fiber optik) tipe FC, Kabel Fiber Optik atau konektor fiber optic (fiber optik) tipe LC, Kabel Fiber Optik atau konektor fiber optic (fiber optik) tipe SMA. Kabel Fiber Optik atau Konektor fiber optic (fiber optik) tipe ST dan Kabel Fiber Optik atau konektor fiber optic (fiber optik) tipe SC adalah 2 jenis Kabel Fiber Optik atau konektor fiber optic (fiber optik) yang paling banyak digunakan untuk koneksi fiber optic (fiber optik) OTB. Kabel Fiber Optik atau Konektor fiber optic (fiber optik) ST dan Kabel Fiber Optik atau konektor fiber optic (fiber optik) SC adalah dua jenis konektor dimana  Kabel Fiber Optik atau konektor fiber optic (fiber optik) SC berbentuk lingkaran dan Kabel Fiber Optik atau konektor fiber optic (fiber optik) SC berbentuk persegi. Dalam aplikasi di industri, penggunaan Kabel Fiber Optik (fiber optik) ini harus disesuaikan dengan jenis perangkat yang digunakan karena perangkat untuk Kabel Fiber Optik (fiber optik) jenis single mode sangat berbeda dengan perangkat untuk Kabel Fiber Optik (fiber optik) multimode.
Instalasi Fiber Optic (fiber optik)
Ukuran Kabel Fiber Optik (fiber optik) terdiri dari dua jenis, yaitu Kabel Fiber Optik (fiber optik) single mode dengan Kabel Fiber Optik diameter ukuran 5Mikron, 9 Mikron atau 10Mikron dan Kabel Fiber Optik (fiber optik) multi mode dengan Kabel Fiber Optik diameter berukuran 50Mikron atau 62.5Mikron. Jadi sebagaimana diketahui, Kabel Fiber Optik (fiber optik)  adalah Kabel Fiber Optik sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta berdiameter sebesar rambut manusia. Dan dalam pengunaan beberapa Kabel Fiber Optik (fiber optik) dijadikan satu dalam sebuah tempat yang dinamakan rack Kabel Fiber Optik (fiber optik)  dan digunakan untuk mengantarkan data digital yang berupa sinyal sinar dalam jarak yang sangat jauh.
Perkawinan antara komponen Kabel Fiber Optik (fiber optik) dan elektronik serta penggunaan cahaya dari Kabel Fiber Optik (fiber optik) itu sendiri
telah ikut meningkatkan kinerja Kabel Fiber Optik (fiber optik) FO itu sendiri. Kabel Fiber Optik Saat ini koneksi telepon internasional dan nasional telah menggunakan
media Kabel Fiber Optik (fiber optik). Tak lama lagi Kabel Fiber Optik (fiber optik) FO akan merubah cara kita menonton TV, menerima dan menggunakan
informasi. Konsep memanfaatkan cahaya Kabel Fiber Optik (fiber optik) sebagai suatu alat komunikasi modern dimulai akhir abad ke-19 ketika Alexander
Graham Bell pada tahun 1880 merepresentasikan dan mematenkan penemuannya yang menggunakan cahaya dari Kabel Fiber Optik (fiber optik) sebagai pentransmit
suara. Alat tersebut dikenal dengan photophone, Kabel Fiber Optik menggunakan cahaya dan Kabel Fiber Optik perangkat sensitif cahaya sebagai penerima dan Kabel Fiber Optik menyiarkannya kembali dengan
mereproduksi suara manusia. 

Transmisi Fiber Optic (fiber optik)
Dalam transmisi
Kabel Fiber Optik (fiber optik) secercah cahaya merupakan sinyal optikal, Kabel Fiber Optik digunakan sebagai alat yang membawa informasi. Kabel Fiber Optik Baik yang berbentuk analog
ataupun digital. Dalam pengoperasian
Kabel Fiber Optik, cahaya dilepaskan ke dalam Kabel Fiber Optik (fiber optik) yang terdiri dari dua lapisan yaitu bagian inti
dan bagian luar. Cahaya berjalan di sepanjang serat
Kabel Fiber Optik (fiber optik) atau Kabel Fiber Optik melalui serangkaian refleksi yang terjadi dimana bagian itin dan Kabel Fiber Optik bagian luar bertemu.
Ketika
Kabel Fiber Optik cahaya mencapai bagian akhir dari saluran, Kabel Fiber Optik cahaya kemudian dijemput oleh receiver yang sensitif cahaya, dan Kabel Fiber Optik setelah serangkain langkah,
sinyal original tereproduksi.

Sebagai sebuah penemuan teknologi,
fiber optik atau Kabel Fiber Optik mempunyai keuntungan dan kerugian. Berikut adalah keuntungan dari fiber optik atau Kabel Fiber Optik :
Kabel Fiber Optik Dibandingkan dengan sistem komunikasi jenis lain, Kabel Fiber Optik cahaya yang merupakan pembawa informasi dalam sistem fiber optik atau Kabel Fiber Optik, dapat mengakomodasi banyak
volum informasi.
Kabel Fiber Optik Transmisi dalam kisaran giga-plus (billion bits per second). Kabel Fiber Optik Satu kabel 0,75 inchi dapat menggantikan 20 kabel coaxial 3.5 inchi
konvensional.
Kabel Fiber Optik (fiber optik) kebal terhadap elektromagnet dan interferensi radio. Karena cahaya Kabel Fiber Optik (fiber optik) digunakan untuk
menyampaikan informasi,
Kabel Fiber Optik saluran komunikasi yang berdekatan tidak akan dapat mempengaruhi transmisi. Saluran Kabel Fiber Optik (fiber optik)
menawarkan tingkat keamanan data yang lebih tinggi dari pada sistem konvensional. Hal ini membuat saluran
Kabel Fiber Optik (fiber optik) FO atau Kabel Fiber Optik sulit untuk disadap
dan
Kabel Fiber Optik saluran ini tidak mengeluarkan gelombang radiasi.Kabel Fiber Optik ini Informasi dapat disiarkan ulang dengan jangkauan jarak yang jauh tanpa pengulangan. Generasi baru dari LD
dan
Kabel Fiber Optik (fiber optik) komplemen, sama halnya dengan Kabel Fiber Optik penangkap yang sensitif,dapat me-relay dengan jarak jauh tanpa pengulangan.
Sebuah saluran
Kabel Fiber Optik (fiber optik) adalah Kabel Fiber Optik bernilai saat aset dalam keadaan premium, Kabel Fiber Optik contohnya saluran pipa dalam gedung dapat digunakan
sebagai tempat pembawa kabel. Karena
Kabel Fiber Optik (fiber optik) kecil maka biasanya Kabel Fiber Optik (fiber optik) mudah untuk ditempatkan
dibandingkan dengan
Kabel Fiber Optik atau kabel konvensional.


POMOHERI

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments:

Featured post

JASA PEMBUATAN WEBSITE

JASA PEMBUATAN WEBSITE "WEBSITE ANDA SIAP MELUNCUR HANYA DALAM WAKTU 48 JAM" Sebagai jasa pembuatan website profesional...